home profile

Sabtu, 07 November 2020

Tips mendapatkan informasi penerimaan di top international universities dan international event

Hai semua! Senang banget rasanya bisa kembali lagi menulis di blog ini setelah sekitar setahun lebih tidak aktif. Ya meskipun aku kembali ketika di kondisi pandemi covid-19 sih. Tapi tenang. Kali ini postingan aku SANGAT SANGAT SANGAT BERMANFAAT. (wah Yoh, kebanyakan nih kata "sangat" nya). Ya karena emang se-bermanfaat itu guys! Alright, langsung mulai aja ya. Seperti judul di postingan ini, aku akan membahas tips untuk mendapatkan informasi pendaftaran atau admission di top universities yang ada di Amerika Serikat dan juga konverensi/seminar/event internasional yang terkenal + sudah diakui oleh banyak orang.

WAAAAH! Menarik banget ga sih?! Dan sebagai bonusnya nih ya, aku juga akan menambahkan informasi admission di top universities yang ada diluar Amerika Serikat. Ada yang di benua Eropa, Asia, dan Australia.

Penasaran? Pengen tau? Udah ga sabar nih? Aduh gimana ya. Kasihtau ga ya?! /lah.

Sebenernya aku mendapatkan informasi seperti ini ga mudah guys. Kalian pasti juga banyak yang gatau kan bagaimana cara mendapatkan informasinya? Sama. Aku dulu seperti itu. Perlu waktu sekitar setahun lebih untuk mencari-cari informasi terkait hal seperti ini. Sebenernya aku agak ga rela gitu. Serius deh :-(. Tapi setelah aku pikir-pikir, aku kan baik gitu ya, berbagi informasi itu sangat penting dan aku juga ingin hal ini bermanfaat buat kalian warga negara Indonesia yang merupakan pejuang universitas-universitas di luar negeri. 

Oiya sebelum itu, perlu digaris bawahi bahwa postingan ini akan berisi banyak sekali penjelasan. Siapkan diri kalian untuk membaca penjelasanku ya. Aku berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan yang terbaik di postingan ini. Yuk langsung aja!

1. Cara mendapatkan informasi admission di top universities yang ada di Amerika Serikat.

Beberapa (karena yang lain masih ada) top universities yang pernah menghubungiku secara langsung adalah:

NYIT, JHU, Harvard, Columbia!


Caranya? Simple nan gampang! Okay, here you go.

a) Ikuti event yang diadakan oleh EducationUSA.

EducationUSA? Pendidikan di USA gitu maksudnya, Yoh? Atau apaan sih?. Yes, bener banget. Itu kalau di translate-in langsung ke bahasa indonesia ya. Tapi sebenarnya, EducationUSA adalah jaringan departemen luar negeri Amerika Serikat yang terdiri lebih dari 425 bimbingan siswa internasional di lebih dari 175 negara. Kalian bisa mengaksesnya langsung ke link ini. Tentu saja EducationUSA juga ada di Indonesia. Di kota mana saja? Silahkan baca di link ini 

Mungkin kalian bertanya, "duh Yoh, kenapa sih ga langsung aja dijabarin aja disini? Kok malah kirim-kirim link? Weits guys. Jangan malas membaca ya. Aku juga ngasih informasi yang ada di official website mereka secara langsung biar kalian bisa baca-baca lebih juga terkait apa itu EducationUSA. Be positive, okay? Aku ga ingin kalian jadi orang yang malas membaca untuk mencari informasi. Because, this is also for yourself. For your brightness future, right? :-)

Nah lalu, Yoh? Gimana caranya untuk mengikuti event yang diadakan oleh EducationUSA? Terutama yang ada di Indonesia. Kan kita orang Indonesia nih. Oke, ada banyak caranya dan akan aku jabarkan secara satu per satu.

- Follow atau setidaknya perhatikan akun social media yang dimiliki oleh EducationUSA Indonesia. Baik itu Twitter, Facebook, atau Instagram. Nah di berbagai macam social media mereka ini, mereka sering membagikan berbagai macam event yang akan mereka laksanakan. Kalau kalian sudah mendapatkan event yang sesuai dengan apa yang kalian inginkan, langsung saja daftarkan diri kalian.

- Ikuti event yang diadakan oleh EducationUSA yang ada di Eventbrite. Mungkin kalian bertanya lagi, apa sih itu Eventbrite? Singkatnya, Eventbrite adalah platform tiket layanan yang terbuka untuk siapa saja di seluruh dunia. Catet ya. Seluruh dunia. Bukan Indonesia saja dan tiket yang dijual di Eventbrite sifatnya ada yang gratis dan berbayar.

Kabar baiknya... SEMUA event yang diadakan oleh EducationUSA Indonesia sifatnya gratis! Dan kabar (sedikit) buruknya, event ini diadakan HANYA sekali setahun di tiap-tiap kota (terserah mereka ingin dilaksanakan di kota mana). Jadi kalau kalian melewatkan event dari EducationUSA di tahun tertentu, misalnya tahun 2020, kalian harus menunggu tahun 2021 untuk bisa mengikuti next event nya. Nunggu setahun guys. Jadi, rajin-rajin untuk mencari informasi ya biar ga ketinggalan. Biasanya sih mereka mengadakan event ketika menjelang masuk kuliah berdasarkan pendidikan di Amerika Serikat. Yaitu ketika spring maupun fall. Kapan itu spring maupun fall menurut pendidikan Amerika Serikat? You can read about that, here.

Link dari official account EducationUSA yang ada di Eventbrite adalah ini.

Oiya Yoh, emang event nya tuh ngapain sih? Ya untuk mendapatkan informasi terkait admission di universitas-universitas yang ada di Amerika Serikat. Nah daftar universitas-universitas nya berbeda setiap tahun. Tergantung pihak EducationUSA mengundang universitas-universitas apa saja untuk menghadiri event mereka. Tapi yang pasti, di tiap tahunnya PASTI ada top universities!

By the way, aku mengikuti event yang diadakan oleh EducationUSA pada tahun 2017 dan 2020. Ini adalah tiketnya:

Tahun 2017


Tahun 2020 (12 Agustus 2020)


Tahun 2020 (13 Agustus 2020)

Ketika tahun 2017, aku mendatangi event tersebut secara langsung (offline) di Malang. Di kota universitasku berada. Lalu kenapa kok di tahun 2020 aku mengikuti event nya sebanyak dua kali? Karena kondisinya lagi pandemi. Tidak memungkinkan untuk event nya dilaksanakan secara offline (di tempat). Sehingga mereka tetap mengadakan event terkait universitas-universitas di USA, tapi membuatnya menjadi virtual event dan per hari tersebut, list universitas-universitasnya berbeda dan lebih banyak. Ah salut banget deh sama EducationUSA!

Kemudian persamaan dan perbedaannya apa sih Yoh antara virtual event dan offline langsung gitu?
- Persamaannya :
  1. Tata acaranya sama. Dimulai dari pegenalan apa itu EducationUSA, kata sambutan, dan kalian bebas eksplor universitas-universitas.
  2. Kalian akan tetap mendapatkan informasi terkait universitas-universitas yang mereka sediakan dan kalian mendatangi universitas-universitas yang menurut kalian menarik atau based on your future plan. Karena konsepnya adalah mereka yang menyediakan, kita yang memilih.
- Perbedaanya :
  1. Kalau online, kalian membutuhkan koneksi internet yang stabil dan device untuk mengaksesnya, sedangkan kalau offline, kalian membutuhkan kendaraan untuk pergi ke lokasi diadakannya event tersebut.
  2. Kalau online, kalian tidak akan mendapatkan souvenirs dari EducationUSA maupun universitas-universitas yang kalian hadiri. Karena ya bagaimana? Mau dikirimkan ke tempat tinggal kalian? Event nya aja gratis guys, ntar kemahalan di ongkos kirimnya :-(. Sedangkan kalau offline, kalian bisa mendapatkan souvenirs, baik itu dari pihak EducationUSA nya secara langsung maupun dari pihak universitas-universitas yang kalian datangi. 
Beberapa souvenirs ketika EducationUSA 2017


Nah konsepnya, kalau kalian mendatangi atau menghadiri universitas-universitas yang disediakan oleh EducationUSA, nanti kalian akan diminta email atau email yang kalian gunakan untuk mendaftar di Eventbrite akan diberikan ke pihak universitas tersebut. Jadi kalian nantinya akan menerima email dari pihak universitasnya secara langsung. Se-simple itu. Kalau sudah, kelanjutannya tergantung dari diri kalian masing-masing. Kalau kalian mau submit admission, ya silahkan. Mau nanya-nanya secara langsung juga silahkan. Keep in mind, mereka orangnya baik-baik dan sangat membantu. Kalau kalian mau mencari beasiswa, juga tanyakan saja. Just don't be hesitate to ask what your question is. Tapi perlu diperhatikan lagi ya. Sebaiknya kalian jangan menanyakan pertanyaan yang general atau disebut sebagai Frequently Ask Questions (FAQ) dan membaca terlebih dahulu di website universitas mereka atau bahkan jurusan yang ingin kalian ambil. Biar jangan malu-maluin guys. Masa iya menanyakan pertanyaan yang sudah mereka jawab dan "terbuka" untuk umum? Intinya sih, jangan malas. Udah itu aja. Ga perlu ribet.

b) Rajin-rajinlah untuk membuka website universitas yang ingin kalian daftar
Pada cara ini, kalian dituntut untuk menjadi individu yang "lebih rajin" daripada biasanya. Iya. Kalian harus rajin-rajin membuka website universitas. Karena biasanya ketika waktunya penerimaan mahasiswa/i baru, maka akan terdapat detail terkait penerimaan dan kalian bisa langsung menghubungi pihak admission untuk menanyakan hal-hal yang menurut kalian masih belum jelas. Atau biasanya ada website universitas yang langsung memperbolehkanmu untuk memasukkan email, in case jika mereka melakukan publishing terkait penerimaan, maka mereka akan menghubungimu secara langsung. Namun hal ini sangat jarang ditemukan, tetapi tetaplah ada. Karena aku pernah menemukannya dan juga melakukannya. Tapi sudah dari beberapa tahun yang lalu dan sudah lupa juga.


2. Cara mendapatkan informasi konverensi/seminar/event internasional yang terkenal dan sudah diakui oleh banyak orang.
a) Mengikuti sertifikasi online yang sifatnya internasional
Mengapa sertifikasi online bisa berhubungan dengan konverensi/seminar/event internasional? Karena ketika kalian mendaftarkan diri untuk sertifikasi online, kalian juga mendaftarkan email kalian. Kebanyakan, tujuan lain dari mendaftarkan email untuk pendaftaran sertifikasi online adalah untuk mempromosikan kegiatan mereka. Biasanya sih hal ini terdapat di ketentuan dan persyaratan sebelum kalian membuat akun tersebut (yang tulisannya banyak banget itu lho). Atau bisa juga terdapat pilihan untuk kalian pilih, setuju atau tidak dalam menerima kegiatan yang akan mereka lakukan. Jika kalian setuju, maka sisi positifnya adalah kalian akan menerima kegiatan terbaru dari mereka secara langsung melalui email. Sedangkan sisi negatifnya adalah email kalian akan dipenuhi oleh kegiatan yang berasal dari mereka (tergantung juga sih sebenarnya terkait banyak atau tidaknya).

Ini adalah contoh dari konverensi/seminar/event internasional yang pernah aku ikuti dan dikirimkan secara langsung melalui email
AWS Online Conference


Open Source Digital Forensics Conference

HiveMQ Webinar


c) Mendapatkan informasinya melalui LinkedIn
Selain LinkedIn merupakan social media untuk terkoneksi dengan orang lain dalam ranah yang profesional, LinkedIn juga menyediakan online events loh! Cara untuk mengaksesnya juga gampang. Kalian tinggal login ke akun kalian, klik pada bagian "my network", dan tadaaa! Ada deh tuh banyak banget online events yang sudah disediakan oleh LinkedIn untuk diri kalian masing-masing.
 
Online events on LinkedIn


b) Bergabung dengan grup-grup yang ada di Telegram
Grup yang aku maksud disini adalah grup yang memang tujuannya untuk saling sharing terkait "dunia" yang kalian minati. Misalnya, aku adalah orang yang berminat di bidang IT, maka aku join ke grup yang terkait dengan IT di Telegram. Beberapa list grup terkait IT yang aku miliki di Telegram adalah:


Sisi negatifnya karena grup di Telegram tersebut bertujuan untuk sharing, PASTI akan sangat ramai. Namun ditengah-tengah keramaian tersebut, selalu ada orang yang sharing terkait konverensi/seminar /event internasional. Dan biasanya nih mereka lebih sering membagikan yang free.

c) Mencarinya secara langsung melalui official website penyelenggara.
Cara ini sama seperti cara yang ada di poin 1b. Yaitu kalian dituntut untuk "rajin", atau bahasa kerennya adalah "haus" akan informasi. Nah karena caranya sama, jadi gausah aku jelasin lagi ya guys


3. Cara mendapatkan informasi admission di universitas-universitas (bahkan top universities) yang ada di benua Asia, Eropa, dan Australia.
Caranya sih hanya satu. Tapi ini sangat-sangat aku rekomendasikan, yaitu :

Daftarkan diri kalian di website QS Top Universities.
Mungkin kalian bertanya, "Loh, QS Top Universities bukannya untuk nge-ranking universitas-universitas yang ada di dunia ya?". Iya benar.
Tapi di website ini, kalian juga bisa membuat akun. Benefitnya apa? BANYAK BANGET!
Gini deh, aku coba share screenshotnya ya. Lalu coba kalian perhatikan baik-baik terlebih dahulu.

Tampilan profil di QS Top Universities account


Terlihat disitu ada menu discover, my activity, my interests, my applications, my accounts, notifications, trending, dan upcoming events. Sudah ketauan lah ya isinya seperti apa.

Disini aku akan membahas terkait menu upcoming events. Jadi nanti ketika kalian mengklik events tersebut, akan ada daftar universitas-universitas yang ikut berpartisipasi, kalian mendaftarkan diri kalian dengan memasukkan data diri dan study plan kalian, mengupload CV dan atau resume, lalu kalau semuanya sudah terisi, maka kalian berhasil terdaftar di event tersebut dan tampilannya akan seperti ini


Lalu, apa langkah selanjutnya? Silahkan tunggu email masuk (yang kalian gunakan untuk mendaftar) dari pihak QS Top Universities  Nanti mereka akan memberikan kabar tentang universitas mana saja yang ingin "bertemu" dengan kalian masing-masing berdasarkan biodata kalian, form yang sudah kalian isi sebelumnya, serta CV dan atau resume yang sudah kalian upload. Ketika kalian telah mendapatkan daftar universitas-universitas tersebut, kalian juga bisa menyeleksi lagi universitas-universitas mana yang ingin kalian temui secara one on one. Ngobrol berdua gitu istilahnya.

Disini aku akan mencontohkan event yang sudah pernah aku ikuti sebelumnya dari QS Top Universities.

Lihat deh, ada beberapa daftar universitas-universitasnya

Ketika aku melakukan request untuk one on one dengan Imperial College London

And guess what, guys? Seru banget! Sama seperti yang telah aku jelaskan pada bagian 1 terkait admission di top universities yang ada di Amerika Serikat, mereka pada baik-baik. BANGET! Aku bisa menanyakan apa saja yang ingin aku tanyakan terkait study plan ku. Memang sih agak dredeg karena ya you know, I have to speak English when interacting with them dan kadang nervous gitu.
But it was fun and still fun!. Kamu ga akan pernah tau bagaimana rasanya kalau kamu belum mengalaminya sendiri.

Informasi tambahan, kalian juga bisa mengakses beasiswa yang disediakan oleh QS Top Universities secara langsung dan masih banyak fitur lain yang disediakan oleh website tersebut. Silahkan explore sendiri ya. Jangan males, oke? :-)

Sekian penjelasanku terkait informasi-informasi bidang pendidikan di "dunia" internasional. Semoga bisa membantu kalian ya. Kalau ada yang ingin ditanyakan atau mau ditambahkan, silahkan langsung berikan komentar kalian di postingan ini. Semangat, guys!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

You can ask me whatever you want to ask about this post. But please read the previous comment (because maybe your question already answered) before submitting the comment. Anyways, your comment will be moderated by me. So just click one time and don't spam.