home about me friends photos

Rabu, 20 Desember 2017

SMA vs kuliah


SMA vs kuliah? apa sih maksutnya? apakah masa-masa SMA mau dibandingkan dengan masa-masa kuliah gitu?
yap, betul. kali ini aku akan membandingkan tentang masa-masa SMA dengan masa-masa kuliah.
meskipun aku baru memasuki kuliah pada bulan agustus 2017, tapi aku sudah mendapatkan banyak sharing dari kakak tingkat tentang bagaimana sih di perkuliahan itu dan telah merasakannya selama satu semester.
kira-kira benar ga sih kalau masa-masa kuliah itu seindah FTV? dimana di FTV itu anak kuliahan pergi ke kampus pakai baju bebas, masuk kuliah terserah kapan aja, sering jalan-jalan, dan kenikmatan lainnya?
yuk mari di simak perbedaannya dari berbagai aspek!

1. Dari penggunaan kata-kata yang sering digunakan:
  • Kalau sebelum memasuki masa-masa SMA, ada kegiatan pengenalan akan kehidupan sekolah di SMA yang disebut "MOS". Sedangkan sebelum memasuki masa-masa kuliah, ada kegiatan pengenalan akan kehidupan kampus yang disebut "ospek"
  • Kalau di SMA menggunakan kata "guru", sedangkan di kuliah menggunakan kata "dosen"
  • Kalau di SMA menggunakan kata "mata pelajaran", sedangkan di kuliah menggunakan kata "mata kuliah"
  • Kalau di SMA menggunakan kata "ulangan harian", sedangkan di kuliah menggunakan kata "kuis"
  • Kalau di SMA menggunakan kata "kakak kelas", sedangkan di kuliah menggunakan kata "kakak tingkat"
  • Kalau di SMA menggunakan kata "adek kelas", sedangkan di kuliah menggunakan kata "adek tingkat"
  • Kalau di SMA menggunakan kata "jangan lupa hari ini sekolah", sedangkan di kuliah menggunakan kata "jangan lupa hari ini ada kelas"
  • Kalau anak-anak SMA menggunakan kata "kamu kelas berapa?" dan ini berlangsung selama setahun, sedangkan di kuliah menggunakan kata "kamu semester berapa?" dan ini berlangsung selama setengah tahun

2. Dari yang sering terlihat:
  • Kalau di SMA, siswa/i menggunakan seragam sekolah. Sedangkan saat kuliah menggunakan baju bebas yang rapi dan sopan
  • Kalau di SMA, siswa/i belajar di sekolah dengan waktu yang telah ditentukan (sekarang lebih banyak yang full day school yaitu dari pagi sampai sore). Sedangkan saat kuliah, mahasiswa/i nya masuk sesuai jadwal kelas mata kuliah yang diambil masing-masing. sehingga bisa saja hari senin tidak ada kelas atau bahkan ada yang pukul 07.00-.09.00 ada kelas dan lanjut kelas lagi pukul 14.00-15.30
  • Kalau di SMA dan ada guru tidak masuk kelas, para siswa/i senang karena bisa main, mengerjakan tugas, cerita-cerita, dan makan dengan teman-temannya di dalam ruang kelas. Sedangkan saat kuliah dan dosen tidak masuk, ada mahasiswa/i yang senang maupun tidak. ada yang senang karena mungkin dosen tersebut kiler atau ingin kembali ke kosan untuk tidur karena masih ngantuk dan ada yang tidak senang karena mungkin dosen tersebut masih sedikit memberikan materi kepada mahasiswa/i nya
  • Kalau di SMA, seringkali terdapat wajah-wajah tua yang tak taunya masih kelas 1 SMA dan itu langsung bisa terdeteksi bahwa siswa/i itu kelas 1 SMA dengan melihat bet kelas yang terdapat di seragam sekolahnya. Sedangkan saat kuliah, ada banyak mahasiswa/i dengan wajah-wajah tua yang tak taunya masih semester baru dan tak jarang juga ada mahasiswa/i yang wajah nya masih muda, eh ternyata sudah semester akhir. lalu darimana kita mengetahui semester berapakah mahasiswa/i tersebut? salah satu caranya adalah bertanya. yak, karena mahasiswa/i tidak punya penanda yang terlihat
  • Kalau di SMA, orang-orang yang bisa dilihat untuk cuci mata hanya sedikit. Sedangkan saat kuliah? banyak! bahkan sangat banyak. mengapa bisa sangat banyak? karena lingkupnya satu universitas. nah kalau satu universitas, kita bisa melihat-lihat anak FILKOM, FK, FEB, FT, dan lain sebagainya untuk cuci mata. hehehe.
  • Kalau di SMA, liburan dari natal menuju tahun baru itu jangka waktu nya sekitar 2 mingguan. Sedangkan saat kuliah, kebanyakan liburnya adalah sekitar satu bulan (tergantung universitas masing-masing)

3. Dari percakapan sehari-sehari, baik langsung maupun tidak langsung (lewat chat)
  • Kalau di SMA, seringkali menggunakan "eh kantin yuk" dan kebanyakan teman-teman yang diajak pada mau. Sedangkan saat kuliah, lebih sering menanyakan "eh laper ga? makan yuk. aku laper nih" dan yang diajak ya cuma orang-orang yang benar-benar mau aja. karena saat kuliah, setiap orang punya kesibukan masing-masing
  • Kalau di SMA dan lagi malas untuk masuk sekolah, harus memakai surat agar tidak di Alpha. Sedangkan saat kuliah dan lagi malas untuk masuk kelas, para mahasiswa/i biasanya melakukan kegiatan kebanyakan umat. apakah itu? namanya adalah TA (titip absen). jadi saat titip absen ini, para mahasiswa/i menyuruh temannya untuk menanda tangan kehadiran di presensi. ini perbuatan yang sangat tidak boleh ditiru ya teman-teman
  • Kalau di SMA, saat ngechat guru itu bahasa yang digunakan sopan dan tidak terlalu baku masih di perbolehkan. Sedangkan saat kuliah dan kita ngechat dosen menggunakan bahasa yang tidak baku, tidak sopan, dan seenak kita sendiri, maka kemungkinan nya hanya tiga. yaitu hanya di read, dibalas seadanya, dan tidak di respon sama sekali
  • Kalau di SMA dan ada chat dari teman/gebetan/pacar, balasnya lebih sering cepat daripada lama. walaupun lama ya juga tidak lama-lama sekali. Sedangkan saat kuliah dan ada chat dari teman/gebetan/pacar, balasnya lebih sering lama daripada cepat. dan definisi dari lama membalasnya anak kuliah itu bisa sampai 3 jam tidak dibalas karena adanya kesibukan masing-masing ntah itu ada kelas, lagi belajar, lagi mengerjakan makalah, lagi mengerjakan project, lagi rapat, dan lain sebagainya

4. Dari pergaulan
  • Kalau di SMA, kebanyakan para pelajar bergaul dengan teman-teman sekelas atau seangkatan. Sedangkan saat kuliah, para mahasiswa/i yang bergaul dengan teman-teman sekelas nya hanya sedikit dan kebanyakan bergaul dengan teman luar kelas dan kakak tingkat/adek tingkat. mengapa seperti itu? karena para mahasiswa/i mencari teman untuk bergaul sesuai dengan pribadi dirinya masing-masing
  • Kalau di SMA, orang pacaran di sekolah biasanya di tegur oleh guru karena sekolah adalah tempat untuk belajar dan bukan tempat untuk berpacaran. Sedangkan saat kuliah, melihat orang berduaan sudah biasa dan tidak ada yang melarang. tapi alangkah baiknya bisa menempatkan diri dengan gaya pacaran yang sewajarnya saja
  • Kalau di SMA, kebanyakan satu kelas itu solid semua (oleh sebab itu dikatakan bahwa masa-masa SMA itu adalah masa-masa terindah). Sedangkan saat kuliah? satu kelas jarang ada yang solid. bahkan ketika kamu bertanya di grup saja, bisa jadi ada yang tidak merespon, padahal anggotanya banyak. itu sebabnya ada mahasiswa/i yang membuat grup dalam grup
  • Kalau di SMA, kebanyakan orang-orang yang belum bisa diajari sampai bisa. Sedangkan saat kuliah, kebanyakan orang-orang yang belum bisa diajari tidak sampai 100% paham. walaupun ada mahasiswa/i yang diajari 100%, kebanyakan itu merupakan orang-orang terdekatnya yang benar-benar dekat saja. mengapa? karena tingkat persaingan saat kuliah itu lebih tinggi daripada saat SMA. sehingga tak jarang ada mahasiswa/i yang setelah kuliah langsung pulang untuk belajar agar tidak kalah dengan mahasiswa/i yang lainnya
  • Kalau di SMA, ada orang yang merokok langsung di tegur oleh guru. Sedangkan saat kuliah, para mahasiswa/i diperbolehkan untuk merokok (bebas, suka-suka kamu). namun kalau misalnya ada mahasiswa/i mencoba untuk merokok di lingkungan kampus dan disitu ada dosen yang mengajar lewat tepat di depan mahasiswa/i tersebut, siap-siap saja melihat apa yang terjadi dengan nilai ya:) eh tapi ada juga kok dosen yang tidak peduli dengan itu semua. intinya: semua tergantung pada dosen. namun alangkah baiknya menjadi mahasiswa/i yang menjaga sopan santun ketika di dalam kampus

5. Dari pelajaran, tugas, kuis, uts, dan uas
  • Kalau di SMA, pelajaran yang hendak dipelajari sudah ditentukan oleh pihak sekolah (guru-guru). Sedangkan saat kuliah, kita lah yang berhak menentukan mata kuliah apa saja yang akan kita ambil
  • Kalau di SMA dan kita belum mengerjakan tugas, pasti ada teman sekelas yang ramai untuk mengingatkan bahwa ada tugas yang harus dikumpulkan dan nge share jawaban di grup. jika belum mengumpulkan, guru masih menagih tugas agar segera dikumpulkan. Sedangkan saat kuliah, hanya terkadang saja teman-teman sekelas mengingatkan bahwa ada tugas dan jarang sekali ada yang meng-share jawaban di grup (biasanya langsung pc ke orang yang ingin dimintai jawaban). namun jika belum mengumpulkan tugas tersebut, dosen tidak akan peduli. karena sebagai mahasiswa itu mempunyai tanggung jawab yang besar dan harus punya kesadaran diri masing-masing yang besar pula
  • Kalau di SMA, tugas memang banyak dan terkadang kita mau saja menyerah. Sedangkan saat kuliah? tugasnya jauh lebih banyak dan lebih rumit
  • Kalau di SMA, ketika siswa/i nya memasang muka belum paham, sang guru langsung bertanya "belum paham dimana?" dan langsung menjelaskan kembali materi yang belum paham tersebut. Sedangkan saat kuliah dan mahasiswa/i memasang muka belum paham, sang dosen hanya bertanya "ada yang mau ditanyakan?". jika ada, dosen akan menjelaskannya. namun jika tidak ada, dosen akan melanjutkan ke materi lain dan bahkan ketika dosen merasa materi yang disampaikan sudah cukup, ia mengakhiri kelas
  • Kalau di SMA, siswa/i diajari oleh guru sampai benar-benar paham. Sedangkan saat kuliah, hanya dikasih intinya saja ketika kelas berlangsung. selebihnya, mahasiswa/i dituntut aktif untuk mencari refrensi dari luar entah itu dari perpustakaan, internet, teman yang lain, kakak tingkat, dan lain sebagainya.
  • Kalau di SMA, biasanya soal ulangan harian itu banyak, soal lebih dari 10, dan waktu yang disediakan pun lumayan banyak. Sedangkan saat kuliah, soal kuis/uts/uas dan waktu tidak terlalu banyak, dan membutuhkan nalar yang lebih tinggi daripada menjawab soal ulangan saat SMA (tergantung dosen)
  • Kalau di SMA, biasanya kalo ketahuan melirik/melihat jawaban orang lain itu ditegur dengan "kerjakan sendiri ya" "hadap depan. jangan ngelihat kanan kiri" dan lain sebagainya. Sedangkan saat kuliah dan ketahuan melirik/melihat jawaban orang lain, pertama masih ditegur. namun ketika sudah ketahuan lagi, bisa langsung dicatat nama mahasiswa/i yang melirik/melihat itu dan nantinya akan di laporkan. bahkan yang lebih seram nya lagi itu bisa digugurkan mata kuliah yang sedang dikerjakan (tergantung kebijakan)
Nah, itu dia perbedaan masa-masa SMA dengan masa-masa kuliah.
Setelah membaca postingan diatas, lebih enak mana nih menurut kamu? SMA atau kuliah? pasti masa SMA dong ya?
Jadi buat kalian yang masih merasakan masa-masa SMA atau bahkan yang akan merasakan masa-masa SMA, nikmatilah masa-masa SMA kalian. karena ketika sudah kuliah nanti, kalian pasti akan merindukannya

Lalu, untuk kalian yang sedang menjalani masa-masa perkuliahan, tetap semangat untuk menjalani hari-hari di bangku perkuliahan meskipun banyak sekali lika-liku kehidupan yang menghadang, hai para mahasiswa/i.
Janganlah pernah menyerah sebelum mencapai garis akhir dan tetaplah bertahan pada apa yang sudah kamu pilih dan kamu idam-idamkan saat awal. sebab, kita lah yang nantinya akan menjadi penerus bangsa Indonesia, bangsa tercinta kita ini.
Kalau bukan kita sendiri, siapa lagi?:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

you can ask me whatever you wanna ask about this post.
but please before comment, you can also read the previous comment because maybe your question already answered.
your comment will be moderation too.
so guys, just click one time and dont spam:)