home about me friends photos

Senin, 20 Agustus 2012

Bencana alam yang pernah terjadi di Indonesia


*Banjir :
Sebuah banjir adalah peristiwa yang terjadi ketikaaliran air yang berlebihan merendam daratan. Pengarahan banjir Uni Eropa mengartikan banjir sebagai perendaman sementara oleh airpada daratan yang biasanya tidak terendam air. Dalam arti "air mengalir", kata ini juga dapat berartimasuknya pasang laut. Banjir diakibatkan olehvolume air di suatu badan air seperti sungai atau danau yang meluap atau menjebol bendungan sehingga air keluar daribatasan alaminya.

Ukuran danau atau badan air terusberubah-ubah sesuai perubahan curah hujan dan pencairan salju musiman,namun banjir yang terjadi tidak besar kecuali jika air mencapai daerah yangdimanfaatkan manusia seperti desa, kota, dan permukiman lain.
Banjir juga dapat terjadi disungai, ketika alirannya melebihi kapasitas saluran air, terutama di kelokansungai. Banjir sering mengakibatkan kerusakan rumah dan pertokoan yang dibangundi dataran banjir sungai alami. Meski kerusakan akibat banjir dapat dihindaridengan pindah menjauh dari sungai dan badan air yang lain, orang-orang menetapdan bekerja dekat air untuk mencari nafkah dan memanfaatkan biaya murah serta perjalanan dan perdagangan yang lancar dekatperairan. Manusia terus menetap di wilayah rawan banjir adalah bukti bahwanilai menetap dekat air lebih besar daripada biaya kerusakan akibat banjirperiodik.
Mitos banjir besar adalah kisah mitologi banjir besar yang dikirimkan oleh Tuhan untuk menghancurkan suatu peradaban sebagai pembalasan agung dan sering muncul dalam mitologi berbagai kebudayaan di dunia

~Cara mengatasi terjadinya bencana banjir :
- Kita tidak boleh membuang sampah sembarangan
- Melakukan kegiatan reboisasi
- Tidak membuang sampah ke sungai

*TanahLongsor :
Longsor atau sering disebut gerakan tanah adalah suatuperistiwa geologi yang terjadi karena pergerakan masa batuan atau tanah dengan berbagai tipe dan jenis seperti jatuhnya bebatuanatau gumpalan besar tanah. Secara umum kejadian longsor disebabkan oleh duafaktor yaitu faktor pendorong dan faktor pemicu. Faktor pendorong adalahfaktor-faktor yang memengaruhi kondisi material sendiri, sedangkan faktorpemicu adalah faktor yang menyebabkan bergeraknya material tersebut. Meskipunpenyebab utama kejadian ini adalah gravitasi yang memengaruhi suatu lereng yang curam, namun ada pulafaktor-faktor lainnya yang turut berpengaruh:
§ erosi yang disebabkan aliran air permukaan atau air hujan, sungai-sungai atau gelombang laut yang menggerus kaki lereng-lereng bertambah curam
§ lereng dari bebatuan dan tanah diperlemah melalui saturasi yangdiakibatkan hujan lebat
§ gempa bumi menyebabkan getaran, tekanan pada partikel-partikel mineraldan bidang lemah pada massa batuan dan tanah yang mengakibatkan longsornyalereng-lereng tersebut
§ gunung berapi menciptakan simpanan debu yang lengang, hujan lebat danaliran debu-debu
§ getaran dari mesin, lalu lintas, penggunaan bahan-bahan peledak, dan bahkan petir
§ berat yang terlalu berlebihan, misalnya dari berkumpulnya hujanatau salju

*Angin PutingBeliung (Tornado)
Tornado adalah kolom udara yang berputar kencang yangmembentuk hubungan antaraawan cumulonimbus atau dalam kejadian langka dari dasar awancumulus denganpermukaan tanah. Tornado muncul dalam banyak ukuran namun umumnya berbentuk corongkondensasi yang terlihat jelas yang ujungnya yangmenyentuh bumi menyempit dan sering dikelilingi oleh awan yang membawa puing-puing.
Umumnya tornado memilikikecepatan angin 177 km/jam atau lebih dengan rata-rata jangkauan75 m dan menempuh beberapa kilometer sebelum menghilang. Beberapa tornado yangmencapai kecepatan angin lebih dari 300-480 km/jam memiliki lebar lebihdari satu mil (1.6 km) dan dapat bertahan di permukaan dengan lebih dari100 km
Meskipun tornado telah diamati ditiap benua kecuali Antartika, tornadolebih sering terjadi diAmerikaSerikat. Tornado juga umumnya terjadi di Kanada bagian selatan, selatan-tengah dan timur Asia,timur-tengah AmerikaLatin, AfrikaSelatan, barat laut dan tengah Eropa,Italia, baratdan selatan Australia, dan SelandiaBaru

~Jenis jenisTornado :
Tornado multi-pusaran
Tornado multi-pusaran adalah suatu jenis tornado dimana dua atau lebih kolom udarayang menggumpal berputar mengelilingi pusat. Struktur multi-pusaran dapatterjadi di hampir setiap sirkulasi, namum sangat sering teramati dalam tornadodahsyat.
Satelit tornado
Satelit tornado adalah suatuistilah untuk tornado lemah yang terbentuk dekat tornado besar kuat yangterjadi dalam mesosiklon yang sama. Satelit tornado muncul dari "orbit" tornado besar (sebagai namanya), yang memperlihatkan wujudpusaran yang multi-pusaran. Namun, satelit tornado merupakan corongyang berbeda, dan lebih kecil dibandingkan corong utama

Puting Beliung
Puting Beliung secara resmidigambarkan secara singkat oleh National WeatherServiceAmerika Serikat seperti tornado yang melintasiperairan. Namun, para peneliti umumnya mencirikan puting beliung "cuacasedang" berasal dari puting beliung tornado.
§ Puting beliung cuaca sedang sedikit perusak namun sangat jauh dariumumnya dan memiliki dinamik yang sama dengan setan debu dan landspout.Mereka terbentuk saat barisan awan cumulus congestus menjulang di perairan tropis dan semitropis. Angin ini memiliki angin yang secara relatif lemah,dinding berlapislancar, dan umumnyamelaju sangat pelan. Angin ini sangat sering terjadi diFlorida Keys
§ Puting Beliung Tornado merupakan secara harafiah sebutan untuk"tornado yang melintasi perairan". Angin ini dapat terbentukmelintasi perairan seperti tornadomesosiklon, atau menjadi tornadodarat yang melintas keluar perairan. Sejak angin ini terbentuk dari badai petir perusak dan dapat menjadi jauh lebih dahsyat, kencang, dan bertahanlebih lama daripada puting beliung cuaca sedang, angin ini dianggap jauh lebihmembahayakan.

*Kebakaran Liar
Kebakaran hutan, kebakaran vegetasi, atau kebakaran semak, adalah sebuahkebakaran yang terjadi di alam liar, tetapijuga dapat memusnahkan rumah-rumah dan lahan pertanian disekitarnya. Penyebabumum termasuk petir, kecerobohan manusia, dan pembakaran.
Musimkemarau danpencegahan kebakaran hutan kecil adalah penyebab utama kebakaran hutan besar.
Kebakaran hutan dalam bahasaInggris berarti "api liar" yang berasal dari sebuah sinonim dari ApiYunani, sebuah bahan seperti-napalm yang digunakan di Eropa Pertengahan sebagai senjata maritim
~ PenyebabKebakaran hutan, antara lain:
§ Sambaran petir pada hutan yang kering karena musim kemarau yang panjang.
§ Kecerobohan manusia antara lain membuang puntung rokok sembarangan dan lupa mematikan api di perkemahan.
§ Aktivitas vulkanis seperti terkena aliran lahar atau awan panasdari letusan gunung berapi.
§ Tindakan yang disengaja seperti untuk membersihkan lahan pertanianatau membuka lahan pertanian baru dan tindakan vandalisme.
§ Kebakaran di bawahtanah/ground fire pada daerah tanahgambut yang dapat menyulut kebakaran di atas tanah pada saat musim kemarau.

*Tsunami
Tsunami (bahasa Jepang: 津波;tsu = pelabuhan, nami = gelombang, secara harafiah berarti "ombak besar dipelabuhan") adalah perpindahan badan air yang disebabkan oleh perubahanpermukaan laut secara vertikal dengan tiba-tiba. Perubahan permukaan lauttersebut bisa disebabkan oleh gempa bumi yang berpusat di bawah laut,letusan gunung berapi bawah laut,longsor bawah laut, atau atau hantaman meteor di laut. Gelombang tsunami dapat merambat ke segalaarah. Tenaga yang dikandung dalam gelombang tsunami adalah tetap terhadapfungsi ketinggian dan kelajuannya. Di laut dalam, gelombang tsunami dapat merambat dengankecepatan 500-1000 km per jam. Setara dengan kecepatan pesawat terbang.Ketinggian gelombang di laut dalam hanya sekitar 1 meter. Dengan demikian, lajugelombang tidak terasa oleh kapal yang sedang berada di tengah laut. Ketikamendekati pantai, kecepatan gelombangtsunami menurun hingga sekitar 30km per jam, namun ketinggiannya sudah meningkat hingga mencapai puluhan meter.Hantaman gelombang Tsunami bisa masuk hingga puluhan kilometer dari bibirpantai. Kerusakan dan korban jiwa yang terjadi karena Tsunami bisa diakibatkankarena hantaman air maupun material yang terbawa oleh aliran gelombang tsunami.
Dampak negatif yangdiakibatkan tsunami adalah merusak apa saja yang dilaluinya. Bangunan,tumbuh-tumbuhan, dan mengakibatkan korban jiwa manusia serta menyebabkangenangan, pencemaran air asin lahan pertanian, tanah, dan air bersih.
Sejarawan Yunani bernama Thucydides merupakan orangpertama yang mengaitkan tsunami dengan gempa bawah laut. Namun hingga abadke-20, pengetahuan mengenai penyebab tsunami masih sangat minim. Penelitianmasih terus dilakukan untuk memahami penyebab tsunami.
Penyebabterjadinya tsunami :
Tsunami dapat terjadi jika terjadigangguan yang menyebabkan perpindahan sejumlah besar air, seperti letusan gunung api, gempa bumi, longsor maupun meteor yang jatuh ke bumi. Namun, 90% tsunami adalah akibat gempabumi bawah laut. Dalam rekaman sejarah beberapa tsunami diakibatkan oleh gunungmeletus, misalnya ketika meletusnya Gunung Krakatau.
Gerakan vertikal pada kerak bumi, dapat mengakibatkan dasar lautnaik atau turun secara tiba-tiba, yang mengakibatkan gangguan keseimbangan airyang berada di atasnya. Hal ini mengakibatkan terjadinya aliran energi airlaut, yang ketika sampai di pantai menjadi gelombang besar yang mengakibatkanterjadinya tsunami.
Kecepatan gelombang tsunamitergantung pada kedalaman laut di mana gelombang terjadi, dimana kecepatannyabisa mencapai ratusan kilometer per jam. Bila tsunami mencapai pantai,kecepatannya akan menjadi kurang lebih 50 km/jam dan energinya sangat merusakdaerah pantai yang dilaluinya. Di tengah laut tinggi gelombang tsunami hanyabeberapa cm hingga beberapa meter, namun saat mencapai pantai tinggigelombangnya bisa mencapai puluhan meter karena terjadi penumpukan masa air.Saat mencapai pantai tsunami akan merayap masuk daratan jauh dari garis pantaidengan jangkauan mencapai beberapa ratus meter bahkan bisa beberapa kilometer.
Gerakan vertikal ini dapat terjadipada patahan bumi atau sesar. Gempa bumi juga banyakterjadi di daerah subduksi, dimana lempeng samuderamenelusup ke bawah lempeng benua.
Tanah longsor yang terjadi didasar laut serta runtuhan gunung api juga dapat mengakibatkan gangguan air lautyang dapat menghasilkan tsunami. Gempa yang menyebabkan gerakan tegak luruslapisan bumi. Akibatnya, dasar laut naik-turun secara tiba-tiba sehinggakeseimbangan air laut yang berada di atasnya terganggu. Demikian pula halnyadengan benda kosmis atau meteor yang jatuh dari atas. Jika ukuran meteor ataulongsor ini cukup besar, dapat terjadi megatsunami yang tingginya mencapairatusan meter.
Gempa yang menyebabkan tsunami
§ Gempa bumi yang berpusatdi tengah laut dan dangkal (0 - 30 km)
§ Gempa bumi dengan kekuatansekurang-kurangnya 6,5 Skala Richter
§ Gempa bumi dengan polasesar naik atau sesar turun

Sistem Peringatan Dini Tsunami di Indonesia

Pemerintah Indonesia,dengan bantuan negara-negara donor, telah mengembangkan Sistem Peringatan DiniTsunami Indonesia (Indonesian Tsunami Early Warning System - InaTEWS). Sistemini berpusat pada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Jakarta. Sistem ini memungkinkan BMKG mengirimkan peringatantsunami jika terjadi gempa yang berpotensi mengakibatkan tsunami. Sistem yangada sekarang ini sedang disempurnakan. Kedepannya, sistem ini akan dapat mengeluarkan3 tingkat peringatan, sesuai dengan hasil perhitungan Sistem PendukungPengambilan Keputusan (Decision Support System - DSS).
Pengembangan SistemPeringatan Dini Tsunami ini melibatkan banyak pihak, baik instansi pemerintahpusat, pemerintah daerah, lembaga internasional, lembaga non-pemerintah.Koordinator dari pihak Indonesia adalah Kementrian Negara Riset dan Teknologi(RISTEK). Sedangkan instansi yang ditunjuk dan bertanggung jawab untukmengeluarkan INFO GEMPA dan PERINGATAN TSUNAMI adalah BMKG (Badan Meteorologi,Klimatologi dan Geofisika). Sistem ini didesain untuk dapat mengeluarkanperingatan tsunami dalam waktu paling lama 5 menit setelah gempa terjadi.
Sistem Peringatan Dinimemiliki 4 komponen: Pengetahuan mengenai Bahaya dan Resiko, Peramalan,Peringatan, dan Reaksi.Observasi (Monitoring gempa dan permukaan laut),Integrasi dan Diseminasi Informasi, Kesiap siagaan.

*Gunung Meletus
Gunung meletus merupakan peristiwa yang terjadi akibatendapan magma di dalam perut bumiyangdidorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi.
Magma adalah cairan pijar yangterdapat di dalam lapisan bumi dengan suhu yang sangat tinggi, yaknidiperkirakan lebih dari 1.000 °C. Cairan magma yang keluar dari dalam bumidisebut lava. Suhulava yang dikeluarkan bisa mencapai 700-1.200 °C. Letusan gunung berapiyang membawa batu dan abu dapat menyembur sampai sejauh radius 18 km ataulebih, sedangkan lavanya bisa membanjiri sampai sejauh radius 90 km.
Tidak semua gunungberapi seringmeletus. Gunung berapi yang sering meletus disebut gunung berapi aktif.
Berbagai tipe gunung berapi :
1. Gunung berapi kerucutatau gunung berapi strato (strato vulcano)
2. Gunung berapi perisai (shieldvolcano)
3. Gunung berapi noah-noah
Ciri cirri gunung berapiakan meletus :
§ Suhu di sekitar gunung naik.
§ Mata air menjadi kering
§ Sering mengeluarkan suara gemuruh, kadang disertai getaran (gempa)
§ Tumbuhan di sekitar gunung layu
§ Binatang di sekitar gunung bermigrasi
Hasil letusan gunungberapi :
Gasyang dikeluarkan gunung berapi pada saat meletus. Gas tersebut antaralain Karbon monoksida (CO), Karbon dioksida (CO2),Hidrogen Sulfida (H2S), Sulfur dioksida (S02), dan Nitrogen (NO2) yang dapat membahayakan manusia.

Lava dan aliran pasir serta batu panas
Lavaadalah cairan magma dengan suhu tinggi yang mengalir dari dalam Bumi ke permukaan melalui kawah. Lava encer akan mengalirmengikuti aliran sungai sedangkan lava kental akan membeku dekat dengansumbernya. Lava yang membeku akan membentuk bermacam-macam batuan.

Laharadalah lava yang telah bercampur dengan batuan, air, dan material lainnya.Lahar sangat berbahaya bagi penduduk di lereng gunung berapi.

Hujan Abu
Yaknimaterial yang sangat halus yang disemburkan ke udara saat terjadi letusan.Karena sangat halus, abu letusan dapat terbawa angin dan dirasakan sampairatusan kilometer jauhnya. Abu letusan ini bisa menganggu pernapasan.

Awan panas
Yaknihasil letusan yang mengalir bergulung seperti awan. Di dalam gulungan initerdapat batuan pijar yang panas dan material vulkanik padat dengan suhu lebihbesar dari 600 °C. Awan panas dapat mengakibatkan luka bakar pada tubuhyang terbuka seperti kepala, lengan, leher atau kaki dan juga dapat menyebabkansesak napas.
Kalau mau copy + paste, sertakan sumber nya ya (∩_∩)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

you can ask me whatever you wanna ask about this post.
but please before comment, you can also read the previous comment because maybe your question already answered.
your comment will be moderation too.
so guys, just click one time and dont spam:)